Inilah Alasan Mengapa Pria Jarang Menatap Mata Wanita Saat Ngobrol | Blog Populer

Inilah Alasan Mengapa Pria Jarang Menatap Mata Wanita Saat Ngobrol

Follow Me on Pinterest
April 11th, 2011 9 Comments

Dr Audrey Nelson, pelatih dan pembicara komunikasi mengatakan, kontak mata adalah salah satu bentuk komunikasi non verbal terkuat dalam komunikasi manusia. Pernah berbincang dengan seseorang yang tak membalas tatapan Anda sepanjang perbincangan? Beragam pikiran bermunculan di pihak kita saat berbicara dengan orang yang tak membalas tatapan mata, seperti, “Apakah dia benar-benar mendengarkan?” atau “Dia niat berbincang sama saya atau tidak, ya?” Atau pikiran,” sepertinya dia tidak jujur”. Namun, ternyata ada perbedaan mengenai kebiasaan menatap mata lawan bicara antara pria dan wanita. Berikut arti dari tatapan itu.Menurut studi oleh Stephen Janik dan Rodney Wellens dari University of Miami, Florida, saat berbincang 43,4 persen perhatian kita fokuskan pada mata. Sekitar 12,6 persen perhatian kita berada pada mulut lawan bicara. Sehingga secara kasar, 56 persen perhatian kita berada pada mata dan mulut lawan bicara.
Tentunya, bukan berarti saat bicara kita boleh menatap lama-lama mata lawan bicara, karena itu juga bukan hal yang sopan. Umumnya, saat perbincangan, tatapan mata terjadi sekitar 60 persen waktu perbincangan. Dalam perbincangan yang berlangsung sekitar 30 detik, para peneliti mendapati seseorang bisa menatap kurang lebih 15 titik di sekitar wajah lawan bicaranya, seperti pojok bingkai kacamata, bibir yang bergerak, rambut di sekitar telinga, dan lainnya.
Menaruh perhatian terhadap mata lawan bicara tidak terjadi tanpa alasan. Ada pengertian di dalam diri kita, bahwa bagian organ tersebutlah yang paling menyiratkan emosi. Tetapi, mengapa saat bicara dengan si dia, ia memalingkan wajah dan matanya? Meski ia menjawab pertanyaan, tetapi saat ia tak membalas tatapan saat kita bicara, ada rasa diabaikan. Namun, jangan langsung membuat kesimpulan, karena menurut Nelson, ada alasan mengapa banyak pria yang melakukan hal itu.
Nelson mengungkap bahwa kebiasaan pria dan wanita untuk menatap saat berbincang, berbeda. Bagi wanita, kontak mata berlaku sebagai pengumpulan informasi, juga untuk membangun ikatan dan keintiman. Saat menatap pasangannya berbicara, perempuan mencari reaksi dari pesan yang ia sampaikan, sekaligus membangun keterikatan. Sementara bagi pria, membalas tatapan adalah sebuah tanda tantangan dan kompetisi. Perbedaan pemahaman mengenai cara pandang itu kadang bisa menimbulkan masalah dalam komunikasi.
Masih menurut Nelson, dalam pikiran perempuan, seringkali ada asumsi bahwa jika pria tidak mempertahankan kontak mata saat bicara dengannya, berarti ia tidak mendengarkan. Nelson mengatakan, ini tidak selalu benar. Kadang pria mendengarkan tanpa perlu menatap mata lawan bicaranya. Namun, saat melakukannya, pria akan kehilangan banyak sinyal-sinyal non verbal lainnya. Sementara wanita tak hanya mengumpulkan informasi melalui telinga, tetapi juga “membaca” bahasa tubuh atau bahasa non verbal.
Lewat hal ini, diketahui ada perbedaan cara pandang. Jika Anda dan dia ingin sama-sama nyaman saat berkomunikasi, lakukan kompromi. Anda bisa mengungkapkan keinginan untuk berganti tatapan dengannya, dan dia juga harus dengan sukarela menatap Anda saat berbincang. Yang pasti, harus ada komunikasi yang lancar saat menjalin hubungan.

Sumber : kabarinews

Incoming search terms:

cara membuat pigura unik,cara menatap mata wanita,cara menatap wanita,pengertian kesimpulan

| Smart Pictures | Weight Loss Camp|Home Design |Curtain Sliding Doors |Artikel Unik |

     

9 Responses to “Inilah Alasan Mengapa Pria Jarang Menatap Mata Wanita Saat Ngobrol”

  1. akhnayzz
    April 13th, 2011 @ 10:53 pm

    sepertinya agak beda sedikit dengan saya,,
    tapi kalau penelitian itu memang benar juga tidak ada salahnya
    kalau saya lebih suka melihat jidatnya, pasti nanti banyak perempuan yang salah tingkah—>>>
    Heheheee…

  2. Life Infurance For Life
    April 14th, 2011 @ 9:37 am

    Wah ternyata yang begituan juga ada yang neliti tho… :mrgreen:

  3. KumpulRame
    April 14th, 2011 @ 6:00 pm

    Kalo saya suka lihat langsung..pa lagi kalo semok wkwkwkw :D

    Rumus Menghitung Masa Subur Wanita

  4. cipari.info
    April 15th, 2011 @ 8:33 am

    Tergantung cewe yang lagi diajak bicara gan

  5. Blogger Sharing
    April 15th, 2011 @ 4:21 pm

    wah..gitu yah… xixixixi
    nice share mas bro..

  6. Jeff
    April 15th, 2011 @ 4:23 pm

    ini penelitian yang bermanfaat…salam kenal..sob

  7. dinoo
    April 18th, 2011 @ 6:01 pm

    dari mata juga katanya bisa diketahui seseorang sedang berbohong atau tidak :)

  8. Penerjemah Bahasa
    April 26th, 2011 @ 10:01 am

    saya baru tahu kalau ternyata alasannya seperti itu

  9. Raja Toto Singapore
    May 2nd, 2011 @ 6:31 pm

    Ya,…sangat membantu sekali artikel ini

Leave a Reply





Rekomendasi

arsip

Join Facebook