Misteri Tenggelamnya Kapal Titanic Akhirnya Terungkap  | Blog Populer

Misteri Tenggelamnya Kapal Titanic Akhirnya Terungkap

Follow Me on Pinterest
February 1st, 2011 15 Comments

titanicPenyebab tenggelamnya kapal Titanic yang terjadi pada 1912 silam ternyata akibat kesalahan kemudi. Kapal pesiar terbesar dan termegah pada saat itu harusnya bisa diselamatkan andaikata sang kapten tidak nekad terus berlayar. Pada 10 April 1912 RMS Titanic bertolak dari Southampton, Inggris menuju New York, namun pada pelayaran hari keempat kapal yang dibanggakan tak akan bisa tenggelam itu menabrak gunung es dan tenggelam sebelum kapal penyelamat tiba. Sekitar 1.500 penumpang tenggelam bersama kapal megah itu.

Adalah Louise Patten, seorang penulis dan cucu dari Charles Lightoller, pejabat nomor dua terpenting di kapal Titanic saat itu, yang mengungkap kejadian sebenarnya. Ia mengatakan kebenaran tentang apa yang terjadi hampir 100 tahun yang lalu telah disembunyikan karena takut menodai reputasi kakeknya, yang juga seorang pahlawan perang.

Lightoller, adalah perwira paling senior yang selamat dari kejadian itu. Namun ia menutupi kesalahan saat penyelidikan tenggelamnya kapal. Karena ia khawatir jika kecelakaan disebabkan kesalahan manusia, maka sang pemilik kapal akan bangkrut dan rekan-rekannya pun keluar dari pekerjaan.

“Padahal mereka dengan mudah bisa menghindari gunung es jika bukan karena perintah yang blunder,” kata Patten seperti dikutip Daily Telegraph. Tenggelamnya kapal Titanic yang relatif cepat itu terjadi karena pimpinan mereka memaksa kapten untuk terus berlayar usai menabrak gunung es. “Bukannya kemudi diarahkan ke sebelah kiri gunung es, pemegang kemudi, Robert Hitchins, panik dan belok ke arah yang salah.”

Patten menulis perubahan dari kapal layar tradisional menjadi kapal uap berarti ada dua sistem kemudi yang berbeda. Sistem yang satu berarti memutar roda ke satu arah dan sistem lainnya memutar ke arah yang berlawanan.

Setelah mereka sadar telah keliru, Patten menambahkan, mereka hanya memiliki empat menit untuk mengubah arah dan waktu. Perwira Pertama William Murdoch menyadari sang juru mudi salah, kemudian mencoba memperbaiki itu namun terlambat.

Kakek Patten pun ikut dalam rapat terakhir perwira kapal Titanic sebelum kapal itu tenggelam. Di sanalah jelas semua kesalahan fatal yang telah terjadi. Namun yang memperparah kondsii adalah, J. Bruce Ismay, pemilik White Star Line membujuk kapten untuk terus berlayar.

Keputusan inilah yang membuat kapal tenggelam berjam-jam lebih cepat daripada seharusnya. “Padahal kalau Titanic diam saja, ia akan bertahan paling tidak sampai kapal penyelamat datang dan tidak ada yang perlu mati,” ungkap Patten. Selama ini diketahui penyebab tenggelamnya kapal mewah itu akibat menabrak gunung es yang merobek lambung kapal yang membuat kapal rusak parah.

Sumber : Republika

Incoming search terms:

video tenggelamnya kapal titanic,naskah drama titanic,tenggelamnya kapal titanic,misteri tenggelamnya kapal titanic,kapal titanic,misteri titanic 1912,kesalahan ham,misteri tenggelam nya kapal titanic

| Smart Pictures | Weight Loss Camp|Home Design |Curtain Sliding Doors |Artikel Unik |

     

15 Responses to “Misteri Tenggelamnya Kapal Titanic Akhirnya Terungkap”

  1. tutorial joomla
    February 1st, 2011 @ 7:45 pm

    Mungkin itu salah satu penyebabnya, tapi menurut hemat saya faktor utamanya adalah karena kesombongan (ada ucapan “kapal yang tak pernah bisa tenggelam”). Tidak ada yang tak mungkin bagi Tuhan, dan Tuhan tidak menyukai hambanya yang sombong..

  2. Kampung Perawan
    February 1st, 2011 @ 9:09 pm

    Ngeri juga, lihat filmnya aja kayak gitu, apalagi yang ada di kapal itu pas kejadian beneran, mesti seremmm..

    Ngomong2 jangan bosen ya ak komentari terus, maklum lah..

  3. alya syanx fasha
    February 2nd, 2011 @ 3:18 pm

    ih takut ea cerita ea aku pernah ntn 10 kali aku nangis melulu he..he..he.. malum aku org ea manja kepacar aku,aku ntn nie ska pelukan ma pacar aku

  4. dwi vandrelL safirAalvin sayang bgt ama firman anak spalzha:-*
    February 4th, 2011 @ 10:27 pm

    film titanic seru bgt gk bosen ngliat.a bener2 nyentuh bgt …
    sayang bgt klo film.a gk di puter lgii pdahal seru gk bosen deh ngliat.a…
    1 lgii buat firman anak spalzha yg keren bgt aku sayang n cinta bgt ama kmu sumpah!!! Blm prnh aku mencintai org sampe sgini.a baru sama kmu ajj!!!:-*
    sayang,,, firman i love u i miss u i need u :-*
    much much much much much much much much much much much much :-*:-*:-*:-*:-*:-*:-*
    firman sayang i love for ever <3 <3 the best …

  5. bisnis trafik
    February 4th, 2011 @ 11:50 pm

    wew…. kebenaran itu akhirnya terungkap …

  6. legend Man
    February 6th, 2011 @ 3:31 pm

    kapal titanic tenggelam adalah sebuah tragedi, namun semua adalah sebuah ilustrasi dunia yang skenarionya telah direncanakan Tuhan, disini tidak perlu ada yang dipersalahkan, namun bagaimana kita menyikapinya bila tragedi ini terjadi pada masa sekarang atau masa yang akan datang, lebih indah lagi kalau kita menyebutnya adalah “LUKISAN KEHIDUPAN”

  7. LAGU BARU
    February 6th, 2011 @ 11:22 pm

    udah sering nonton titanic ,,begitu yah penyebabnya

  8. nisyaaa
    February 9th, 2011 @ 1:01 pm

    Huhhhh sedihnya baca ini.. Jadi inget film nyaaa.. Menyentuh banget untuk orang” yang melancholis kya aq

  9. Jasa Seo
    February 9th, 2011 @ 6:10 pm

    Ternyata Kejadiannya seperti itu ya.wah hampir sama seperti dengan yang ada di filmnya

  10. koko setiawan
    February 13th, 2011 @ 6:29 am

    ya sudah

  11. Nazwa555
    February 23rd, 2011 @ 8:31 pm

    slamat siang blogers,o begitu sekalinya wah kesalahan fatal mengorbankan banyak nyawa manusia ,Your article makes me want to see and learn new things , thank you visit us wait ,trimakasih gan

  12. Mario Bros
    February 26th, 2011 @ 3:44 pm

    Manusia banyak bodohnya sih. Setiap ada musibah selalu cari kambing hitam. Salah-salahan. Ingin menang sendiri. Benar sendiri. Begitulah akibatnya.
    Titanic cuma sebuah ilustrasi akibat dari kebodohan jurumudi karena sistem kemudi kapal yang berbeda, kapten yang tidak tegas, pemilik kapal yang sombong, rekan-rekan kerja yang telat berpikir dan telat bertindak, ditambah lagi tentunya… para penumpang yang sok sombong lebih dari si pemilik kapal karena mentang-mentang bisa bayar.

    Titanic terbesar dalam sejarah akan segera berulang…
    nama kapalnya adalah: INDONESIA RAYA.
    Kaptennya tidak tegas, jurumudi dan rekan-rekan menteri masih dalam tahap belajar tapi sok pintar semua, terus para pengaturnya di kursi dewan yang seenaknya sendiri karena bisa mengatur si kapten, dan tentu saja yang paling parah adalah para penumpang alias rakyat yang merasa sok memiliki negara dan mintanya cuma diservis saja… tidak ada yang mau berusaha untuk ikut berperan serta agar kapal bernama INDONESIA RAYA tidak sampai tenggelam seperti kisah Titanic itu.

    Nah, gitu lho…. :)

  13. ulama pinang
    November 29th, 2011 @ 1:01 am

    tenggelam nya krn ksmb0ngan dan ada yg berzinah di kpal itu.

  14. The Satanic Finance
    May 6th, 2012 @ 12:30 pm

    Waduh… Klo gitu mendingan naik oasis of the seas aja kali, ya? Lebih aman, kan?

  15. The Genesis of Zionism
    May 6th, 2012 @ 12:34 pm

    Hmmmm….gmn ya..??? Aslinya pasti Titanic nggak akan tenggelam tapi kenyataannya, tenggelam, deh. Ngocol sih orangnya. Kasian tuh orang yang Udah bayar mahal mahal eh ujung ujungnya mati. Untung saya belum lahir. Klo enggak, mungkin saya bakal diajak ibu saya buat ikut naik Titanic terus mati deh. HIYYY…..serem Nyo!

Leave a Reply





Rekomendasi

arsip

Join Facebook