Penemuan-Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban Dunia | Blog Populer

Penemuan-Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban Dunia

February 3rd, 2010 92 Comments

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa beberapa penemuan yang mengubah peradaban dunia berasal dari para ilmuwan muslim.Para ilmuwan ini mempunyai kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan  merupakan temuan awal sebelum dikembangkan oleh ilmuwan Barat lainnya.Penemuan-penemuan ilmuwan muslim ini sempat terlupakan oleh masyarakat dunia.Untuk itu sebuah Yayasan Sains, Teknologi dan Peradaban (The Foundation for Science Technology and Civilisation (FSTC) yang berpusat di London Mengadakan pameran untuk memperlihatkan dan menegaskan kepada publik tentang kontribusi peradaban non-barat yang sudah ada 1000 tahun yang lampau.

Apa saja penemuan-penemuan itu?

1. Operasi Bedah

Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun. Diantara banyak penemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan.

2. Kopi

Saat ini warga dunia meminum sajian khas tersebut tetapi, kopi pertama kali dibuat di Yaman pada sekitar abad ke-9. Pada awalnya kopi membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah larut malam. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat yang kemudian kopi disukai oleh seluruh kerajaan. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

3. Mesin Terbang

Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal di Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.

4. Universitas

Pada tahun 859 seorang putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez Maroko. Saudara perempuannya Miriam mendirikan masjid indah secara bersamaan menjadi masjid dan universitas al-Qarawiyyin dan terus beroperasi selama 1.200 tahun kemudian. Hassani mengatakan dia berharap orang akan ingat bahwa belajar adalah inti utama tradisi Islam dan cerita tentang al-Firhi bersaudara akan menginspirasi wanita muslim di mana pun di dunia.

5. Aljabar

Kata aljabar berasal dari judul kitab matematikawan terkenal Persia abad ke-9 ‘Kitab al-Jabr Wal-Mugabala’, yang diterjemahkan ke dalam buku ‘The Book of Reasoning and Balancing’. Membangun akar sistem Yunani dan Hindu, aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Matematikawan lainnya Al-Khwarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan yang bisa menjadi kekuatan.

6. Optik

“Banyak kemajuan penting dalam studi optik datang dari dunia muslm,” ujar Hassani. Diantara tahun 1.000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata, mengacuhkan teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri. Fisikawan hebat muslim lainnya juga menemukan fenomena pengukuran kamera di mana dijelaskan bagaimana mata gambar dapat terlihat dengan koneksi antara optik dan otak.

7. Musik

Musisi muslim memiliki dampak signifikan di Eropa. Di antara banyak instrumen yang hadir ke Eropa melalui timur tengah adalah lute dan rahab, nenek moyang biola. Skala notasi musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet Arab.

8. Sikat Gigi

Menurut Hassani, Nabi Muhammad SAW mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama kali pada tahun 600. Menggunakan ranting pohon Miswak, untuk membersihkan gigi dan menyegarkan napas. Substansi kandungan di dalam Miswak juga digunakan dalam pasta gigi modern.

9. Engkol

Banyak dasar sistem otomatis modern pertama kali berasal dari dunia muslim, termasuk pemutar yang menghubungkan sistem. Dengan mengkonversi gerakan memutar dengan gerakan lurus, pemutar memungkinankan obyek berat terangkat relatif lebih mudah. Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-jazari pada abad ke-12, kemudian digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini

Sumber: inilah.com

Incoming search terms:

ilmuwan muslim,ilmuwan islam,ilmuan muslim,penemu muslim,penemu islam,ilmuwan islam dan penemuannya,ilmuwan muslim dunia,peradaban dunia,ilmuwan muslim dan penemuannya,PENEMU-PENEMU ISLAM,ilmuwan dunia,ilmuwan islam dunia,penemu penemu islam,ilmuan islam,ilmuwan wanita muslim,peradaban dunia sebelum islam,nama ilmuwan islam,cendekiawan muslim dunia,penemu-penemu muslim,penemu matematika pertama kali

     

92 Responses to “Penemuan-Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban Dunia”

  1. Agus
    February 3rd, 2010 @ 3:24 pm

    waw mantab penemuan2 mereka..

  2. afwan auliyar
    February 3rd, 2010 @ 4:00 pm

    wew… banyak juga yak karya2 penemu muslim yang hilang, sptnya akibat dr perang salib yg sampai menghanyutkan beribu2 buku ke laut
    .-= afwan auliyar´s last blog ..search engine spider simulator, cara mengetahui kerja spider =-.

  3. Kang Yudiono
    February 3rd, 2010 @ 5:44 pm

    Waw…ternyata banyak ya dan hebat-hebat.

    Sekadar menambahkan, penemuan ilmuwan muslim di era 1990-an salah satunya adalah femtokimia ciptaan Ahmed Hasan Zewail (kimiawan asal Mesir). Ilmuwan ini adalah inspirasi saya saat kuliah dulu.

    Saking ngefansnya, saya juga memberi nama anak saya Zewail.
    .-= Kang Yudiono´s last blog ..Highlight Postingan Januari 2010 =-.

  4. dafiDRiau
    February 3rd, 2010 @ 7:14 pm

    Namun ditutup-tutupi oleh barat

  5. blogpopuler
    February 3rd, 2010 @ 8:55 pm

    Kan tidak lagi…sudah tahu toh :-)

  6. blogpopuler
    February 3rd, 2010 @ 8:57 pm

    Terima kasih atas tambahan infonya kang.
    Ternyata memang sejak dulu suka yang berbau kimia sampai anaknya dinamakan nama ilmuwan.Semoga Zewail jadi anak yang cerdas seperti Ahmed Hasan Zewail

  7. bundadontworry
    February 4th, 2010 @ 9:19 am

    demikian hebat ya ternyata penemuan 2 ilmuwan dr arab sana, baru tau sekarang dr tulisan ini.
    terima kasih Mas krn sudah berbagi info.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Kulitnya ikut dimakan. =-.

  8. nulani sapiie
    February 4th, 2010 @ 10:14 am

    terimakasih infonya. semakin bangga jadi orang islam nih …
    .-= nulani sapiie´s last blog ..Dolanan : Berburu Laskar Donat =-.

  9. Ruang Hati
    February 4th, 2010 @ 11:30 am

    nice info nih gan!! ijin simak lebih dalam nih, sekaligus nambah wawasan agar tambah pinter supaya nggak mudah dipinterin :D
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Astaga! Wanita Korban Jambret Itu Tidak Menyadari Sebuah Pisau Menancap di Lehernya =-.

  10. david
    February 4th, 2010 @ 12:13 pm

    Sebenarnya awal dari penemuan2 penting memang dimulai oleh kaum muslim. itu saya baca dri beberapa buku. Akibat dari minimnya sokongan dari kaum muslimin pd wktu itu maka kaum barat mengambil alih dan menjadikannya besar sekaligus mematenkan penemuan itu sebagai kepunyaan mereka.
    .-= david´s last blog ..Mahasiswi melelang Perawannya =-.

  11. david
    February 4th, 2010 @ 12:19 pm

    dan setidaknya itu adalah bagian dari opini saya sebagai manusia,….
    sip deh, ditunggu kunjungan baliknya.
    http://buraqmanari.wordpress.com/2010/02/03/mahasiswi-melelang-perawannya/
    .-= david´s last blog ..Mahasiswi melelang Perawannya =-.

  12. HYIP Jaya
    February 4th, 2010 @ 2:37 pm

    sebenarnya memang seperti in sejarahnya, hanya saja banyak telah diambil alih oleh pihak barat ketika perang salib, dan yang tidak menguntungkan mereka bakar. akhirnya lebih berkembang oleh mereka tanpa kita sadari sebagai kaum muslim yang sudah keturunan keberapa gitu… (pernah baca di perpus dulu….)
    .-= HYIP Jaya´s last blog ..Hati Hati Fake Email Mengaku Dari Pirex Fund =-.

  13. HYIP Jaya
    February 4th, 2010 @ 2:39 pm

    nambahin mas, ada sebagian yg diambil dan sebagian juga yang di bakar…

  14. ray ban store
    February 4th, 2010 @ 7:27 pm

    I enjoyed the article and thanks because of posting such valuable info seeing that all of us to own, I initiate it both estimable and communicative and I ungracious sketch to point of it as commonly as I can.

  15. katrok
    February 4th, 2010 @ 7:54 pm

    Kasihan orang-orang yang komentar sebelum saya. Nggak ada lagi yang bisa dibanggakan ya?

  16. sandi
    February 5th, 2010 @ 6:59 am

    subhanallah ternyata peneliti muslim luar biasa juga, smg ini bukan hanya kenangan saja
    .-= sandi´s last blog ..AWAS NARKOBA ! =-.

  17. Henny
    February 5th, 2010 @ 9:14 am

    Inilah yang harus kita tekankan pada anak-anak kita ya mas???
    .-= Henny´s last blog ..Suasana Malam di Lapangan Merdeka =-.

  18. Ruang Hati
    February 6th, 2010 @ 7:22 am

    Menyapa sahabatku (Blog Populer) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama, kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.
    Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta
    Ruang Hati.com
    ==========
    Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend
    .-= Ruang Hati´s last blog ..Astaga! Wanita Korban Jambret Itu Tidak Menyadari Sebuah Pisau Menancap di Lehernya =-.

  19. palestine
    February 14th, 2010 @ 11:38 am

    Israel penemu kebiadaban, kemunafikan dan kemerosotan moral manusia. Otak oleh genius, tapi kelakukan binatang seperti org yg membanggakannya.

  20. amazon best seller
    February 17th, 2010 @ 3:23 pm

    keren bnget .. banyak orang islamnya
    .-= amazon best seller´s last blog ..Griffin AirCurve Acoustic Amplifier for iPhone (Clear) =-.

  21. Ramdhan
    March 14th, 2010 @ 2:32 pm

    Artikel2nya cukup bagus. Mohon izin, ada beberapa artikel dalam blog ini yg saya posting link nya dalam blog saya. Silahkan berkunjung. Syukran

  22. blogpopuler
    March 16th, 2010 @ 8:41 pm

    Silakan…dan tolong dilinkback link aslinya

  23. adegustiann
    March 24th, 2010 @ 10:27 pm

    wah…. keren, izin copas ya.. terima kasih..
    .-= adegustiann´s last blog ..Baca Buku Gratis =-.

  24. Masykur.hz
    April 26th, 2010 @ 10:26 pm

    Sebenarnya, Kitab Alqur’an telah banyak mengisyaratkan tentang alam dengan segala isinya. Awalnya penemuan2 itu memang banyak dari dunia islam saat itu, namun belakangan orang-orang barat (non muslim) lebih gencar mempelajari “Alqur’an” meskipun awalnya mungkin untuk menghujat alqur’an itu sendiri. Sekarang apakah kita mau mengabil pelajaran dari Alqur’an ?…

  25. M. Irfan
    May 5th, 2010 @ 11:42 pm

    Hebat juga ya,sampe-sampe kaum muslim banyak jadi penemu dan pelaku bom bunuh diri.

  26. medina
    July 19th, 2010 @ 2:11 pm

    hmmm…, ternyat umat muslim tidak kalah pintar ya..

  27. YAN
    July 20th, 2010 @ 2:42 pm

    Ilmu lahir karena manusia diberkahi Allah SWT suatu sifat ingin tahu.keingintahuan seseorang terhadap permasalahan di sekelilingnya dapat menjurus kepada keingintahuan ilmiah. Sejak diturunkan abad ke 7 Al-Qur’an telah memuat masalah-masalah ilmiah ini.contohnya,Al-Qur’an mendoprong pembacanya mengadakan pengamatan terhadap penomena2 alam kemudian menjadikannya suatu persoalan yang perlu dipikirkan dengan cara bertanya-tanya terhadap kejadiannya….(Q.S.ALBAQARAH/2 :164) ; (Q.S.ALGHAASYIYAH/88:17-20)

  28. YAN
    July 20th, 2010 @ 2:58 pm

    MENDORONG PEMBACANYA MENGAMATI PENOMENA ALAM KEMUDIAN MENJADIKANNYA SUATU PERSOALAN YG PERLU DIPIKIRKAN DENGAN CARA BERTANYA-TANYA TERHADAP KEJADIANNYA ADALAH BUKTI BAHWA ISLAM PEDULI TERHADAP PENELITIAN-PENELITIAN YANG TELAH MEMICU TIMBULNYA ILMUWAN2 MUSLIM TERKEMUKA YANG JEJAKNYA DIIKUTI DAN DIKEMBANGKAN OLEH ILMUWAN2 BARAT DEWASA INI.KOMENTAR INI TIDAK MEMBEDAKAN ILMUWAN MUSLIM-ILMUWAN BARAT,SEMUA MAKHLUK ALLAH SWT.TAPI YANG JELAS KITAB SUCI AL-QUR’AN INI ADALAH KITAB YANG MEMBAWA MANUSIA PADA KEJAYAAN DI DUNIA DAN AKHIRAT.MAKA BACALAH AL-QUR’AN DENGAN IMAN DAN SUNGGUH2

  29. blogpopuler
    July 20th, 2010 @ 9:42 pm

    Terima kasih atas tambahan infonya mas

  30. YAN
    July 25th, 2010 @ 2:04 pm

    membicarakan ilmuan Muslim dan ilmuan barat sebaiknya tidak dalam kontek siapa mengambil atau mencontoh dari siapa,tapi melihat bahwa mereka adalah sama-sama makhluk Allah SWT yang sama-sama telah memaksimalkan fungsi otak yg diberikan kepada mereka.cuma memang ada bedanya,Ilmuwan Barat hanya didasarkan kepada rasa ingin tahu dan dunia,Ilmuan Muslim berawal dari keingintahuan yang dibimbing wahyu Ilahi yang beoreintasi tidak saja utk dunia tapi juga akhirat.dan juga siapa saja harus mengakui bahwa dengan bimbingan wahyu Ilahi ,ilmwan Muslimlah peletak pertama penemuan Ilmu lewat penelitian-penelitian yg kemudian diteruskan ilmuan Barat. betul Yunani sdh lebih dulu berbicara tentang ilmu,tapi semua mereka tempuh dgn cara mengira-ngira,coba-coba yg hasilnya tentu saja bisa salah bisa benar….MAHA PENGASIH DAN MAHA ADIL ALLAH SWT KEPADA SELURUH MAKHLUKNYA.

  31. abdul
    August 7th, 2010 @ 12:27 pm

    Siapapun penemunya mereka makluk Tuhan,diluar dari agama apapun mereka tulus menemukan untuk kebaikan seluruh umat manusia….hanya kita yg hanya penikmat penemuan tersebut,sering hilaf menyangkut pautkan penemuan dengan Agama dan Ras tertentu…..

  32. mainan anak
    August 13th, 2010 @ 11:20 am

    Generasi muda sekarang lebih mengenal ilmuwan – ilmuwan barat. Gimana neh caranya supaya generasi muda islam kita tahu bahwa ternyata muslim juga hebat dalam IPTEK ?

  33. teknologi informasi » Blog Archive » Penemuan-Penemuan Ilmuwan Muslim
    August 26th, 2010 @ 10:50 pm

    [...] Penemuan-Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban Dunia [...]

  34. Joaquin Elder
    September 3rd, 2010 @ 3:00 pm

    This is all very new to me and this article Genuinely opened my eyes.Many thanks for sharing with us your wisdom.

  35. Jeffrey Whittinghill
    September 3rd, 2010 @ 11:36 pm

    This is all very new to me and this article really opened my eyes.Many thanks for sharing with us your wisdom.

  36. ibn ahmad arrohi
    September 21st, 2010 @ 7:35 pm

    mmang penemu islam banyak akan tetapi mreka (yahudi) tida ingin direndah kan oleh kaum muslimin…….

    islam sampe meninggal…………………………………..
    i love islam

  37. Reggie Steege
    October 6th, 2010 @ 1:20 pm

    Here’s how are you recognise this ?

  38. ali
    October 7th, 2010 @ 4:13 pm

    hmmm mungkin ada baiknya informasi ini di cek ulang apakah benar apa adanya atau dalam rangka toqiyya sehingga akan mempermalukan kita menyebarkan hoax, salah satunya coba pakai google cari tahu kapan Universitas Nalanda dibangun di India, kalo tidak salah 4SM, ini sudah bertentangan dengan info di atas.
    Wass

  39. dhee
    October 8th, 2010 @ 4:52 pm

    sudahlah,,g pting sp penemu pertama,,yg psti prlu kita pikirkan…apa yg bisa kita sumbangkan untuk ilmu pengetahuan,,kita tdk hdup d masa lampau…hny manuscript yg trtinggal utk sjarah,,kita hny prlu ikt brpikir,,,apa pntas berdebat klo kita tak punya hasil karya yg bs d bggakan utk dri sndri bhkan utk sktr,,, ilmu yang psti semakin kita sebarkan kita semakin kaya… sudah teman-teman ni untuk renungan kita semua,,,untuk penulis,,,trima ksh infonya,,,untuk bhan tambahan ilmu

  40. Melinda Binstock
    October 14th, 2010 @ 5:42 am

    I love to comment on your blog sir

  41. ray ban
    October 20th, 2010 @ 4:52 pm

    hmmm mungkin ada baiknya informasi ini di cek ulang apakah benar apa adanya atau dalam rangka toqiyya sehingga akan mempermalukan kita menyebarkan hoax, salah satunya coba

  42. Iona Spiller
    October 20th, 2010 @ 6:42 pm

    i will bookmark your site. Please wait sir

  43. Caleb Leukuma
    October 25th, 2010 @ 1:24 pm

    I am grateful for this amazing article, I will certainly add this website to my own rss feeds, a friend just told me regarding this a week ago. this may be the best.

  44. Reed Zermeno
    October 26th, 2010 @ 9:20 am

    Hello,my name is rossa. iam the owner of this blog . please visit me too yeah.

  45. Bret Shastri
    November 1st, 2010 @ 4:57 am

    grievous tally you’ve gain

  46. Agnus Zier
    November 12th, 2010 @ 2:40 pm

    I discovered Your New site by delicious today as well as really liked it.. i Bookmarked it and went be rear how to evaluate this out A few way more afterwards:)

  47. Armanda Kilcrease
    November 17th, 2010 @ 11:39 pm

    I wanted to thank you for this great read!! I have you saved as a favorite to check out fresh stuff you post.

  48. Luxury Home Builder
    November 28th, 2010 @ 5:35 pm

    I want meeting useful information , this post has got me even more info! .

  49. veka
    December 1st, 2010 @ 11:10 am

    Ingatlah..sejak nabi Adam sampai dengan saat ini dari semua agama dan kitab yang diturunkan yaitu Taurat, Zabur, Injil & Al Qur’an berasal dari TUHAN kita yang sama dan satu yaitu ALLAH SWT.

    Dan sudah digariskan bahwa manusia pasti berselisih mengenai hal ini..cobalah untuk saling menghargai…

  50. azmi palestine
    December 8th, 2010 @ 11:18 am

    AKU SEMAKIN BANGGA MENJADI ORANG MUSLIJM………..
    TERNYATA TIDAK HANYA ORANG EROPA YANG BISA JADI PENEMU..

    KITA………..ORANG MUSLIM JUGA BISA………………

  51. hart
    December 13th, 2010 @ 10:45 pm

    sebaiknya informasi diatas di cek ulang.. karena semuanya bohong dan tidak sesuai dengan sejarah yang ada.. sangat memalukan bila tersebar keluar kebohongan ini..

  52. tugiman
    December 17th, 2010 @ 12:39 pm

    betul-betul, sekarang bercerminlah dari ilmuwa muslim terdahulu dan menjelmalah menjadi ilmuwa mnuslim masa depan yang akan membangkitkan peradaban islam. islam akan jaya mudah-mudahan dari indonesia.he he he. semangat

  53. Hauzan
    December 27th, 2010 @ 7:31 pm

    Semoga ilmu mereka diterima di sisi tuhan Allah

  54. fir daus
    December 28th, 2010 @ 5:21 pm

    semoga peradaban umat islam bisa kembali jaya seperti di abas pertengahan

  55. joni
    January 1st, 2011 @ 9:29 pm

    islam itu agama yg rahmatan lil’alamin bro..

  56. hamba Allah
    April 4th, 2011 @ 11:23 am

    asal X-an tw ea bnyak orang2 barat njiplak krya2 nya orang muslim tauk

  57. liq ngang
    April 14th, 2011 @ 5:17 pm

    Ha ha ha,ada2 saja… Secuil penemuan itu di banggain… Sudah gitu gak jelas bener apa gak nya… Sudah lah,gak usah berdebat,berkarya lebih penting dari pada membanggakan karya orang lain yang blum jelas kebenaran nya…

  58. agil fatah
    April 25th, 2011 @ 9:27 am

    ALHAMDULILLAH,,,, tak peduli dari agama mana dia berasal, yang penting dia berbuat kebaikan untuk orang banyak, bukankah inti ajaran dari tiap agama adalah untuk berbuat baik kepada sesama,,,,,ilmuwan muslim, ilmuwan barat, ilmuwan kristen, ilmuwan yahudi,,,,,setidaknya mereka telah berusaha untuk mempersembahkan perbuatan terbaik mereka untuk sesama manusia, hanya saja melalui pandangan dan metode yang berbeda,,,,,,,yang perlu kita lakukan bukan saling mengejek, tapi menghargai dan menghormati, karena intinya bukan latar belakang agama yang mampu membuat seseorang menjadi baik, tetapi lebih kepada memaknai ajaran masing2 dan menjunjung tinggi perintah agama masing2lah yang menjadi pokoknya,,,,,,,,bagi kawan2 muslim, insya Allah kita telah diperintahkan jika hendaknya berdebat dengan yang non-muslim, berusahalah dengan cara yang terbaik,,,,,,insya Allah dapat pahala dan lawan diskusi kita tidak tersinggung,,,,,,ingat kawan! nabi MUHAMMAD SAW juga menghormati pra kaum ahlul kitab……. ok!

  59. ipang
    May 1st, 2011 @ 12:37 pm

    maaf nih pak, apakah data ini valid.?
    kalau boleh tau referensi nya dari mana.?
    karena saya ingin bener2 mengetahui semua penemu penemu penting dalam islam

  60. eko
    May 5th, 2011 @ 9:05 pm

    wah kaco… saya jadi malu jadi orang islam yang hanya ngebanggain zaman dulu…
    lihat dunia islam sekarang …. hancur……rrrrr penuh fitnah …

  61. patih logender
    May 12th, 2011 @ 11:51 am

    banyak orang yang tertipu mata. kita sering mengidolakan orang barat karena ketampanannya saja, padahal mereka kan menyebarkan kebejatan moral. orang barat adalah yang selalu melakukan kelicikan. padahal kalau mau jujur siapa yg membunuh dan menjajah nenek moyang anda sekalian? mereka bisa maju karena kaya. dari mana kekayaan mereka itu? gitu kok bangga dengan barat!

  62. patih logender
    May 12th, 2011 @ 11:55 am

    coba ditelaah, kalo ada kekacauan di suatu negara, siapa yang akan dibantu? pemberontaknya-kah atau pemerintahnya? jawabannya adalah apa mayoritas agama negara itu?. klo mayoritas agama islam, maka yang dibantu adalah pemberontaknya. tp klo mayoritas bukan islam maka yg dibantu adalah pemerintahnya. coba lihat libya dan bandingkan dengan filipina. lihat juga negara yang lain!

  63. patih logender
    May 12th, 2011 @ 11:59 am

    kita tidak pernah membenci bule yg datang sbg turis di sini, kita malah sangat menghormati dan sengang. padahal siapa tahu mereka melakukan kegiatan mata mata. sekali lagi silahkan berpikir jernih. Allah tahu apa apa yang di sembunyikan dari mereka dan apa yang diutarakan dari mereka. lihat aja tuduhan senjata pemusnah di iraq, benarkah itu? dan pergikah mereka dari sana? sekarang setelah osama tewas, akankah mereka pergi dari sana?

  64. patih logender
    May 12th, 2011 @ 12:14 pm

    klo orang islam melakukan kerusakan, yang akan dipublikasikan adalah akibatnya, kengeriannya, dan akibat akibat negatif yang ditimbulkannya tanpa menampilkan sebab sebabnya. tapi klo orang barat yang melakukan kerusakan, maka yang diulas adalah sebab-sebabnya mereka melakukan itu dengan tujuan agar perbuatannya dimaklumi. tanpa menampilkan akibatnya. coba anda semua pikir….!

  65. patih logender
    May 12th, 2011 @ 12:28 pm

    apakah anda tidak pernah berpikir, kurang sabarkah umat islam setelah nabi muhammad dihina dengan kartun, alquran dibakar, ayat ayat sucinya diputarbalikkan, dll..? pernahkah itu dipublikasikan secara besar-besaran dan ditindak tegas?

  66. andika
    July 7th, 2011 @ 6:02 pm

    ORANG ISLAM GA BANGGA DENGAN AGAMA ISLAM….APA KATA MALAIKAT PENJAGA NERAKA NANTI……

  67. Facki Yahnas
    July 11th, 2011 @ 5:44 pm

    lebih baik tak usah dengar kata-kata kaum yang sinis dan benci sama islam,karena tak ada kebaikan dlm islam bagi mereka…….mereka adalah orang2 yang tlah tertutup hatinya dan tak akan pernah menerima kebenaran sama dengan nenek moyang mereka yang munafik……………agama tauhid yang mempercayai satu tuhan yaitu ALLAH SWT hanyalah islam, jadi yang seharusnya yang dikatakan agama langit cuma islam, Al quran kitab yang tak ada campur tangan manusia………ini fakta bukan omong kosong!!! kaum kafir dan munafik pun tidak bisa membantahnya………mereka menutup hatinya karena lebih menuhankan dunia yang sementara dari pada akhirat yang abadi…….sekarang kalian boleh tertawa tapi belum tetntu nanti di akhirat…..

  68. ajaan
    August 5th, 2011 @ 10:56 pm

    mending loe jadi orang yahudi aja…

  69. Once
    August 6th, 2011 @ 5:53 pm

    iya nh darpd malu ngaku2 tp trnyata hoax..mending ga usah gembar gembor atau ngaku2 tp hasilnya nipu,.ky india tuh atau cina yg kafirun aja ga pnah ngaku2 tp hasilnya,.bisa bikin satelit,roket,.

  70. YAYANK
    August 8th, 2011 @ 1:21 am

    yang jelas kita ada saat ini tak lepas dari masa lalu……walaupun kita sadari islam di indonesia “belum” ada yang seperti penemu2 di atas namun kami mengambil tauladan dari paman “habibie” si penemu keseimbangan pesawat dan beliau adalah seorang muslim. apakah ini bukan salah satu bukti bahwasanya sampai saat ini masih ada yang hidup penemu islam…..kami yakin sampai kiamat pun akan ada orang seperti penemu-penemu lainnya.

  71. ssss
    August 8th, 2011 @ 2:18 pm

    lebih baik mengkhayal..da

  72. ebeth
    August 11th, 2011 @ 6:17 pm

    bisa dilihat ilmuwan muslim di wikipedia.org walaupun sudah masa lalu, tetapi saya rasa itu bisa jadi penyemangat buat umat islam untuk bisa kemabli berjaya di masa lalu. Allaahu’alam…

  73. umay
    September 13th, 2011 @ 6:42 pm

    inget yg tdk selesai di dunia nanti akan di lanjut d akhirat ok sobat wassalam….

  74. superhero
    September 17th, 2011 @ 9:52 pm

    wooohhhoooooo…hebat sekali….

  75. ruzaini
    September 24th, 2011 @ 12:12 am

    lebih baik jika kita berbangga dengan islam kerana orang-orang barat telah meniru idea-idea orang islam.. orang yang bodoh je yang bangga dengan barat, tapi malu dengan islam.. ini kerana orang-orang barat sekarang tidak akan berbangga jika tidak meniru idea orang islam

  76. nusan
    October 2nd, 2011 @ 2:16 am

    sebenarnya non muslim ketakutan bila Islam terus berkembang dan lambat laun mereka (non muslim) akan mengagumi Islam. semakin mereka mencari kelemahan Islam maka yang mereka dapatkan adalah kelebihan Islam.
    Tidak percaya, Anda non muslim, cari kelemahan dalam Islam maka disitu akan Anda temukan kelebihan Islam.

  77. ahmad
    October 9th, 2011 @ 12:59 pm

    tulisan di atas bukan fiksi tapi benar adanya SAYA PUNYA REFRENSINYA, memang bukan untuk dikenang saja tapi DIJADIKAN INSPIRASI BAHWA UMAT ISLAM MULIA JIKA MAU NERAPKAN SYARIAH DAN KHILAFAH yakni NEGARA YANG BERDASAR HUKUM ALLAH SWT

  78. FRANS
    October 24th, 2011 @ 9:12 pm

    KALO UMAT ISLAM SDH PINTAR DARI DULU BERARTI SEKARANG PASTI LEBIH HEBAT 100X LIPAT DARI NON MUSLIM ..!! JGN BERDALIL BILANG ILMUNYA DIRAMPAS WAKTU PERANG SALIB NGAK MASUK AKAL BROO…!!!

  79. abib nurrohman hidayatulloh
    October 30th, 2011 @ 11:47 am

    assalamu’alaikum wr wb,,
    sy minta izin untuk menshare / copypaste artikel2x nya..

    trima kasih..
    wassalamu’alaikum wr wb…

  80. ABDULLAH
    November 13th, 2011 @ 2:05 am

    ya Allah…. komentator-komentator itu………….

  81. ummu
    November 17th, 2011 @ 10:49 pm

    um ijin copas ya……..
    mo belajar…….

  82. jasa pembuatan company profile
    December 7th, 2011 @ 11:59 am

    terima kasih atas sejarahnya

  83. eko
    January 28th, 2012 @ 9:18 pm

    masyaallah….

  84. Sa'ad
    March 10th, 2012 @ 3:54 am

    @orang yg menggunakan nama donald bebek: boleh anda benci islam, tapi islam tetap ada walau mau di fitnah kyk apa juga. 2.utk yg komen negatif lainnya: yg non islam ada jg kok yg jhat memperkosa merampok kejahatan tergantung pribadinya bkn agamanya. 3. Justru artikel di atas adalah #fakta, bukan mengkaitkan dgn Islam, tp mmg begitu adany, Kl Andaikan mmg barat yg pertama kali maju, kita umat muslim mengakui kok. Kenp kalian gk mau menerima Kebenaran? 4.silahkan cari kebenaranny stlh itu silahkan di akui cukup di hati kalian yg benci islam. 5. mudah2an artikel di atas menjadi penyemangat kita umat muslim tmsk ilmu pengetahuan,wassalam :)

  85. Sa'ad
    March 10th, 2012 @ 4:04 am

    @frans: kosongkan hati mu dr kebencian dan cari tau kebenarannya. Mengenai umat muslim yg sekarang semoga kami bisa memperbaiki diri kami. Tapi Demi Allah Subhannahu Wa Ta’ala di masa lampau banyak ilmu yg menemukan cendekiawan muslim sudah jaaauh ke depan dari pada bangsa barat. Disini admin TIDAK ADA maksud menjatuhkn siapa pun HANYA mengatakan yang sebenarnya. Katakan benar KALO mmg begitu adany, KALO TIDAK UNTUK apa ? Sama saja dengan mengada ngada alias bohong. Anda SILAHKAN RESEARCH baik di perpus n website dr mn sajalah. DARI SEGI TAHUN KEJADIAN BISA TERBUKTI siapa yang lebih maju BENAR ATAU TIDAKNY. Terima kasih kritikany untuk muslim semoga kami dapat seperti generasi sebelum kami bahkan jauh lebih baik lagi.

  86. resep
    June 1st, 2012 @ 11:46 am

    Baru tau ini, mantablah..

  87. putri
    June 10th, 2012 @ 6:54 pm

    Ya Allah..komentar mereka….:( gak ush terll di perdulikan…hahaa..biasa orang yang iri…pasti gt….untung aku gak mengenal ilmuwan barat terll dlm….yang anehnya ilmuwan barat …soal manusia keturunan dr kera…maaf dr situ agak ragu sm mereka…hahaa,,,,bnr2 payah…:(

  88. putri
    June 10th, 2012 @ 6:57 pm

    oyah…@ yan…aku setuju banget sm kamu.. saling menghargai …saling melengkapi…:)..1 lg jgn sombong..semua cm titipan…;)

  89. Jacky
    July 1st, 2012 @ 3:37 pm

    Nice Share…
    Jadi Ilmuan muslim lah yang mempopulerkan ilmu yang kita pelajari sekarang, namu kekalahan pada masa itu, karena media dikuasai kaum barat…

    http://all-4you-download.blogspot.com/2012/06/pentingnya-ilmu-sebelum-berkata-dan.html

  90. science
    July 29th, 2012 @ 2:33 am

    sok skali pake bawa perang salib lg pasti komentnya mau menjurus ke sara,tapi sy akui memang hbt orang timur tengah (walau sebagian besar ilmunya di dipat dr mongol saat infasi gengis khan.)

  91. Yatimah
    April 28th, 2013 @ 11:37 am

    Sebaiknya hal yang tidak benar jangan dipublikasikan. Apalagi kalau itu tidak ada bukti yang kongkrit. Ketika belajar di Amerika, aku pernah berdebat dengan seorang meksiko soal Neil Armstrong. Aku ngotot mengatakan Neil Armstrong seorang muslim setelah di bulan mendengar suara Azan. Akhirnya aku diperlihatkan buku karangan dan tulisan asli Neil Armstrong sendiri. Yang isinya kurang lebih menyatakan dia bukan muslim dan tidak ada hubungan apapun. Hanya ketika di Mesir ada suara azan, saat itu di seminar dia mengatakan di bulan juga terdengar suara. Tapi yang dia maksud bukan suara azan. Hanya suara dengung. Lalu publikasi dari orang Mesir soal Neil Armstrong tersebut. Itu adalah pelajaran berharga buat saya. Aku bangga sebagai muslim dan tidak perlu mencari bukti seorang hebat juga muslim. Itu akan memalukan kita sendiri.

  92. Hans
    September 17th, 2013 @ 2:59 am

    Jawabannya:
    FAKTA BERBICARA LAIN

    1. Operasi Bedah
    Konsep bedah yang paling kuno sudah ditemukan pada zaman neolitikum, operasi bedah ini melibatkan pelubangan tengkorak untuk mengatasi penyakit intrakranial. Bukti2 mengenai hal ini ditemukan melalui adanya tengkorak yang memiliki bekas tertentu dan melalui lukisan di gua2. Praktik operasi bedah yang lebih modern dapat ditemukan di mesir (pembuatan mumi), mesopotamia, dan india. Pada abad 10, Abu al-Qasim Khalaf ibn al-Abbas Al-Zahrawi, yang merupakan ahli bedah muslim yang dikatakan sebagai ahli bedah terkemuka saat itu memberikan kontribusi besar berupa rangkuman dari tehnik2 operasi yang pernah dipelajarinya

    2. Kopi
    Konon kopi berasal dari peradaban Oromo di ethiopia purba, namun saat itu mereka belum menggunakannya sebagai minuman. Dari sana, kopi menyebar hingga Yaman dan Mesir dan disanalah kopi mulai disajikan sebagai minuman. Sedangkan di Arab sendiri, mereka bukanlah penemu kopi, tapi merekalah yang menemukan cara penyajian kopi secara modern.

    3. Mesin Terbang
    Mesin terbang yang paling kuno ditemukan di yunani kuno, dibuat oleh Archytas pada 200 BC…. mesin itu berbentung seperti burung dan mampu terbang sampai 200 meter. Selanjutnya pada 180–234 AD, Zhuge Liang menemukan konsep balon udara. Pada abad ke-9, Ibn Firnas baru menemukan alat untuk terbang layang (glider) yang mampu meluncur hingga 200 meter.

    4. Universitas.
    Universitas pertama adalah akademi didirikan pada tahun 387 SM oleh filsuf Yunani Plato, di mana para siswanya diajari filsafat, matematika (Nah loh :chaong: ), dan olah raga.
    berikutnya adl
    * Universitas Magnaura di Konstantinopel dalam Kekaisaran Bizantium, sekarang Istanbul, Turki tahun 849 oleh bupati Bardas pada zaman Kaisar Michael III
    * Universitas Preslav di Bulgaria dan Universitas Ohrid di Makedonia dalam Kekaisaran Bulgaria pada abad ke-9
    * Universitas Bologna di Bologna, Italia (1088)
    * Universitas Paris di Perancis dan Universitas Oxford di Inggris dalam masa Abad Pertengahan (sekitar abad ke-11 hingga 12) dengan pelajaran hukum, perobatan, dan teologi.

    Salah satu universitas di Asia yang terkenal lainnya adalah Universitas Nalanda di Bihar, India, di mana filsuf Buddha abad ke-2 Nagarjuna berpusat.

    5. Aljabar
    Perhitungan, rumus, dan bilangan matematis yang paling kuno dapat ditemukan di China, India, dan Yunani kuno. Aljabar adalah rangkuman yang diilhami oleh penemuan diatas. Kata Aljabar ato Algebra sendiri disebutkan pertama kali Muhammad ibn Mūsā al-Khwārizmī, dia juga menyebut perhitungan china, india, dan yunani kuno tersebut dengan sebutan aljabar china, aljabar india, dan aljabar yunani.

    6. Optik
    Penemuan optik dimulai sejak zaman mesir dan mesopotamia kuni melalui penemuan lensa, yang dibuat dari kristal kuarsa, sejak zaman Assyria kuno (700 BC) mulai ditemukan lensa layard / nimrud. Zaman segitu mah bangsa mesir dan mesopotamia masih nyembah dewa dewi :D

    7. Musik
    Kebetulan banyak instrumen musik telah ditemukan di china dan diperkirakan berasal dari 6000-7000 BC.
    well… bila yang dimaksud adalah penemuan notasi musik….. notasi musik yang paling kuno ditemukan di nippur, irak diperkirakan berasal dari 2000 BC, dan zaman itu negara irak dikuasai oleh Mesopotamia, Sumer, Akkadian, Babylonia, dan Assyria secara silih berganti… dan tentunya mereka menyembah dewa dewi. Terlebih lagi musik dilarang dalam Islam, karena dianggap memabukkan dan dapat melupakan Allah :rofl:

    8. Sikat Gigi
    Sikat gigi kuno yang terbuat dari bulu hewan, kayu, dan tulang telah ditemukan sejak zaman 3000 BC. Seiring dengan berkembangnya zaman, bangsa india kuno mengenalkan pasta gigi dari obat2an mereka, dan tentu saja pada zaman itu nabi muhammad sekalipun belum lahir.

    9. Engkol / Crank
    Telah ditemukan pada 500 BC di Celtic, telah menyebar dan banyak digunakan oleh kekaisaran Roma sebagai mekanisme pemotongan kayu dan batu sekaligus untuk kincir air. Yang dilakukan oleh Al-jazari adalah menambahkan poros engkol pada engkol.

Leave a Reply





Rekomendasi

Join Facebook

arsip