Waspada….Gempa Besar Di Sumatera Tinggal Menunggu Hari | Blog Populer

Waspada….Gempa Besar Di Sumatera Tinggal Menunggu Hari

Follow Me on Pinterest
March 10th, 2010 24 Comments

gempa sumateraPrediksi bakal terjadinya gempa yang lebih besar dari gempa di Aceh tahun 2004 sudah diperkirakan sebelumnya oleh pada ahli.(Lihat postingan saya sebelumnya: Sumatera Terancam Gempa Sebesar Gempa Aceh 2004)

Nampaknya hal ini kembali ditegaskan oleh Koordinator Dewan Pakar Ikatan Ahli Geologi Indonesia Wilayah Sumut dan NAD,  Ir Jonathan Tarigan.Dia memprediksi bakal terjadi gempa besar di Sumatera yang berkekuatan 8-9 skala richter.Gempa tersebut kemungkinan akan mengarah ke ke Nias dan Bahorok.Dia juga mengatakan bahwa gempa yang bakal terjadi tinggal menunggu hari.

Dua daerah itu berada di tepi lempeng Benua Euresia (Eropa, Asia) yang merupakan jalur gempa, berbenturan dengan lempeng Samudera Hindia. Selain Nias dan Bahorok, titik rawan gempa lainnya juga berada di patahan Renun, Toru, Angkola dan di wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) serta Lampung.

Prediksi gempa ini didasarkan dengan fakta kejadian masa lampau dan fenomena perulangan waktu terjadinya gempa. Jonathan juga menguraikan, menurut sumbernya gempa terbagi dua, yakni laut dan darat. Bila di laut, lama waktu perulangan gempa akan terjadi kembali antara 30-80 tahun, sementara di darat antara 6-8 tahun. Berdasarkan fakta yang ada, gempa terakhir yang melanda wilayah Sumut, Nias pernah mengalami gempa pada tahun 1935. Tanah Karo, Dairi, Bahorok Langkat terjadi gempa tahun 1936,  Tarutung tahun 1987 dan Mandailing Natal tahun 1997. “Sehingga, bila dilihat dari siklus perulangan, semua wilayah tersebut berada pada posisi untuk berulang. Jadi gempa di Sumatera Utara tinggal menunggu waktu saja,” tandas Jonathan.

gempa sumatera

Dikatakan pula gempa yang terjadi di Chili beberapa waktu lalu, termasuk dalam siklus perulangan. Sebelumnya Chili pernah mengalami musibah gempa serupa pada 1960. “Berdasarkan ancaman itu, pemerintah harus aktif mulai saat ini dengan memberikan pelatihan masyarakat tentang simulasi gempa,” ujarnya

Pernyataan Jonathan ini di kuatkan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofosika Kelas I Polonia Medan, Firman AhMg Skom.

“Potensi gempa besar di Sumut tinggal menunggu waktu, jadi perlu waspada karena memang Sumut termaksuk wilayah bencana,” terangnya.

Firman menjelaskan, lempeng Eurasia yang bertemu Indo Australia di jalur Sumatera sangat dikhawatirkan. Alasannya, lempeng Eurasia lebih tua dari pada lempeng Indo Australia. Akibat perbedaan usia itulah, lempeng Indo Australia yang cenderung lebih lembek akan tertekan oleh lempeng Eurasia.

(Sumber : Harian Global)

Incoming search terms:

prediksi gempa di nias,gadis dairi

| Smart Pictures | Weight Loss Camp|Home Design |Curtain Sliding Doors |Artikel Unik |

     

24 Responses to “Waspada….Gempa Besar Di Sumatera Tinggal Menunggu Hari”

  1. Kang Yudiono
    March 10th, 2010 @ 5:14 pm

    Wah, harus diantisipasi neh oleh penduduk sana. Sosialisasi perlu segera dilaksanakan agar penduduk sana mengetahuinya.

    Semoga juga gak merembet ke Sulawesi. Amiiiin…
    .-= Kang Yudiono´s last blog ..Enam Kali Nomor Satu di Top 10 Lintas Berita: Studi Kasus Judul Heboh =-.

  2. Review Bisnis Online
    March 10th, 2010 @ 5:34 pm

    Semoga saja tidak benar terjadi. Saya setuju sama kang yudiono. Harus segera disosialisaikan nie. Biar masyarakat pada tahu dan waspada.
    .-= Review Bisnis Online´s last blog ..Bekerja Online dengan Microworkers =-.

  3. Ahmad Subandono
    March 10th, 2010 @ 5:42 pm

    banyak istighfar saja
    .-= Ahmad Subandono´s last blog ..Tulislah dengan Tinta Emas =-.

  4. Epenkah
    March 11th, 2010 @ 11:13 am

    Lebih baik lagi kalo tidak terjadi juga di Sumatera, kasian sodara2 kita yg di sana krn udah tll sering kena bencana.

    Tapi waspada tetap perlu demi meminimalkan korban jika itu benar2 terjadi.
    .-= Epenkah´s last blog ..Membuat Blog WordPress Self Hosted (bag.4 – Habis) =-.

  5. Rian
    March 11th, 2010 @ 11:37 am

    waduw, walaupun tau begini apa yg mesti di perbuat yach ?

  6. Gema
    March 11th, 2010 @ 11:42 am

    Sulitnya adalah gempa tidak bias diperkirana sampai ke hitungan hari, tapi karena kita hidup di daerah rawan gempa, pengetahuan mengenai gempa dan antisipas atau tindakan pertama pada kejadian gempa harus dikuasai oleh kita semua
    .-= Gema´s last blog ..HIPOGLIKEMIA. APA DAN BAGAIMANA =-.

  7. imadewira
    March 11th, 2010 @ 12:18 pm

    semoga tidak terjadi lagi deh
    .-= imadewira´s last blog ..MU Lolos ke Babak 8 Besar Liga Champions =-.

  8. Zaiful Anwar
    March 11th, 2010 @ 1:09 pm

    Mudah-mudahan saja tidak terjadi gan. Soalnya saya tinggal diwilaya sumatra ne…
    .-= Zaiful Anwar´s last blog ..Cara mendaftar di BuyBlogReviews =-.

  9. Planet Orange
    March 11th, 2010 @ 2:37 pm

    Ah…mengerikan ya….keluarga juga di sumatra..
    .-= Planet Orange´s last blog ..Location sharing, trend ditahun 2010 =-.

  10. achmad sholeh
    March 11th, 2010 @ 4:40 pm

    kita semua harus hati-hati dan waspada

  11. Rafi
    March 11th, 2010 @ 4:41 pm

    Wah…semoga Pejabat Pemerintah ada yang membaca Postingan ini yaa…
    .-= Rafi´s last blog ..Arti Cinta……. =-.

  12. gonggoitem
    March 12th, 2010 @ 4:34 pm

    mohon ampun pada yang kuasa
    .-= gonggoitem´s last blog ..FREE Download K-Lite Mega Codec Pack 5.8.0 (NEW) =-.

  13. HIPIES LOKAL
    March 12th, 2010 @ 4:40 pm

    moga moga tidak terjadi
    .-= HIPIES LOKAL´s last blog ..Kantong Menyan Pemain Bola Di Sundul =-.

  14. Blogetarian
    March 15th, 2010 @ 9:58 am

    Jangan sampe sob
    .-= Blogetarian´s last blog ..SEO untuk Blog =-.

  15. bundadontworry
    March 15th, 2010 @ 3:52 pm

    duh, harus siap2 nih warga di sumatera.
    tapi, semoga hanya isue saja , jangan kejadian beneran.
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Tanda Tanda Sombong =-.

  16. pludgeper
    May 17th, 2010 @ 1:32 am

    Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, watch south park online

  17. medina
    July 21st, 2010 @ 2:46 pm

    moga kita selalu dalam lindungan Nya, amin

  18. RANDI
    October 16th, 2010 @ 2:00 pm

    Oiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii jan sah mangecek c ang ljh

  19. pono
    October 16th, 2010 @ 2:02 pm

    Oiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii jan sah mangecek c ang lh, lh mnggigia lutuik dn aaaaaaaaaaa

  20. RANDI FANDOLI
    October 16th, 2010 @ 2:10 pm

    YA ALLAHHHHHHHHH,mdh2n smua ini tidak benar ya Allhhhhhhh

  21. Krapu Tikus
    April 29th, 2011 @ 6:42 pm

    Sereeeeeeeeeemmmm

  22. dakota
    September 6th, 2011 @ 9:43 pm

    busyet,,,tinggal dmana lagy gua. klo gempa 8.9,,pada hancur semua tuh,,

  23. katils
    November 23rd, 2011 @ 1:51 pm

    memang daerah sumatra rawan bencana tsunami gempa dsbgainya mgkin krn lahanya subur jd tanahnxa gembuq

  24. elly
    January 11th, 2012 @ 9:37 am

    klo pun memang harus terjadi mudah2an tidak banyak memakan korban…………

Leave a Reply





Rekomendasi

arsip

Join Facebook